Tips Mudah Mengoptimalkan Tipografi Dalam Desain Website

Website menjadi salah satu media yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis online. Dengan menggunakan website, anda bisa melakukan online marketing dan bahkan penjualan secara mudah. Supaya website yang anda bangun memiliki banyak pengunjung setia, pastikan anda mendesainnya secara menarik.

Dalam mendesain web itu sendiri, pastikan anda memahami apa itu tipografi dan melancarkan tips mendesain sesuai dengan bisnis yang anda tekuni.

Pengertian Tipografi

Tipografi adalah seni cetak atau yang juga dikenal dengan sebutan tata huruf. Istilah tipografi ini merujuk pada suatu kesenian dengan melibatkan teknik memilih sekaligus menata huruf. Dimana penataan huruf tersebut dilakukan dengan pengaturan penyebarannya di ruang yang sudah disediakan. Tipografi dilakukan untuk menciptakan kesan tertentu. Dengan demikian, pengunjung web anda bisa merasa lebih nyaman saat membaca.

Tips Optimasi Tipografi Dalam Desain Website

Setelah anda memahami apa itu tipografi, pastikan anda mengetahui deretan tips untuk memaksimalkan penggunaanya. Adapun tips mengoptimalkan tipografi dalam mendesain website ialah sebagai berikut.

Line Spacing

Salah satu hal yang penting untuk anda perhatikan dalam mendesain website menggunakan tipografi yaitu line spacing. Line spacing itu sendiri adalah spasi dari garis teks yang ada di website anda. Pastikan anda memberikan jeda sehingga pengunjung bisa lebih mudah dalam membacanya.

Setidaknya anda bisa memberikan spacing sekitar 0.3em-0.5em. Dalam memberikan line spacing ini pun, pastikan anda menyesuaikannya dengan jenis font yang anda pilih.

Kontras Warna

Selain line spacing, pastikan anda juga memperhatikan kontras warnanya. Ada baiknya anda menerapkan kontras warna yang cukup. Selain itu, gunakan warna yang berbeda untuk teks dengan latar belakangnya. Apabila teksnya semakin jelas terlihat, maka pengunjung akan lebih mudah membacanya. Perlu untuk anda ketahui bahwa pemilihan kontras warna ini berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung dalam membaca. Apabila pengunjung merasa nyaman berada di website anda, maka kemungkinkan besar akan menjadi pelanggan setia.

Ukuran

Hal penting lainnya yang tak boleh anda lewatkan dalam memanfaatkan tipografi untuk mendesain website yaitu ukuran. Ukuran merupakan lebar teks anda.

Ukuran ini sangat berkaitan dengan line spacing. Pastikan anda menghadirkan ukuran lebar teks yang tak terlalu sempit maupun terlalu lebar. Jangan sampai pengunjung melewati website yang anda bangun hanya karena kesalahan dalam memilih ukuran.

Typeface

Dalam membicarakan typeface, ada baiknya anda memilih typeface yang baik untuk segala ukuran. Hal ini dikarenakan pengguna tentunya tak hanya akan mengakses website anda dari smartphone saja, akan tetapi juga PC maupun perangkat lainnya.

Dengan demikian, ukuran layar dan resolusinya juga beda. Namun dengan anda memilih typeface yang cocok untuk segala ukuran, website anda tetap bisa terbaca secara baik di berbagai perangkat.

Anda bisa mengoptimalkan penggunaan tipografi dalam mendesain website apabila mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Dengan anda memaksimalkan penggunaannya, maka bisnis yang anda tekuni melalui website bisa berkembang secara baik.

Sumber : http://www.semmywijayanto.com/jasa-seo-jakarta/

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *